Program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui

image
By muhammad pahlevi On Senin, Desember 04 th, 2017 · no Comments · In

“ Budidaya lele di kolam terpal “

Kegiatan perikanan bidang budidaya menjadi salah satu ide solutif untuk mensejahterahkan masyarakat. Berbagai pihak dari instansi pemerintah maupun swasta memilih bisnis perikanan sebagai upaya meningkatkan kemandirian masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. SDN Tanah Kali Kedinding Kenjeran Surabaya, merupakan salah satu instansi yang memanfaatkan fasilitas pemerintah melalui pengajuan dana hibah pengadaan kolam terpal.
Keunggulan budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal yaitu biaya murah, budidaya mudah dikontrol, hemat air, hemat lahan, tingkat kelulushidupan (SR) ikan tinggi, waktu produksi singkat dan dapat dilakukan dengan padat tebar tinggi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi ikan lele dibandingkan sistem budidaya konvensional.
Bantuan yang diberikan yaitu berupa pengadaan kolam, pakan, dan benih. Selain itu, untuk memberdayakan warga sekolah SDN Tanah Kali Kedinding Surabaya, pemerintah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menunjuk UPT Pengembangan Budidaya Air Tawar Umbulan bersama Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan dan Instalasi Budidaya Air Tawar Mojokerto untuk melakukan pelatihan sampai mandiri.
Masa awal pembinaan berlangsung, pada Kamis (23/11) terlebih dahulu pihak terkait diberi pengarahan dan pembelajaran secara teori dan praktek mengenai kegiatan budidaya kolam terpal. Bersama praktisi UPT PBAT yang ditunjuk dinas, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga juga memiliki peran penting dalam pemberian materi. Prayogoo S.Pi., M.P menjadi narasumber untuk menyampaikan teknis dan cara menerapkan budidaya lele menggunakan kolam terpal.
“Budidaya ikan lele intensif menggunakan kolam terpal menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan pada lahan terbatas seperti halnya di Surabaya” jelas Prayogo.

Pengarahan dan pembelajaran secara teori dan praktek mengenai kegiatan budidaya kolam terpal. Bersama Prayogo S.Pi.,M.P, Kepala UPT PBAT, praktisi Instalasi BAT Mojokerto dan praktisi Instalasi BAT Pandaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *